Selasa, 16 Juli 2013

Tips Tetap Sehat Selama Puasa


image
Foto: retireddieter
SELAMA bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan agar bisa menjalani puasa dengan baik. Berikut tips agar tetap bugar saat menjalankan puasa:
Minum air putih
Pada saat berbuka hingga menjelang imsak, minumlah air putih yang banyak. Pada saat menjalankan aktivitas, keringat yang keluar akan tetap banyak dan itu berarti cairan tubuh tidak mempunyai persediaan air yang cukup sehingga proses metabolisme terhambat, peredaran darah dan pencernaan menjadi kurang lancar. Oleh karena itu, usahakan untuk minum minimal delapan gelas air putih sebelum menjalani puasa esok hari.
Konsumsi sayur dan buah
Supaya Anda punya tenaga yang cukup untuk menjalankan puasa selama seharian, cobalah sahur dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, B, C dan E. Hindari makanan yang manis karena Anda akan cepat lapar di siang hari. Makanan yang manis membuat tubuh dengan cepat melepaskan insulin (insulin berfungsi memasukkan gula ke sel-sel tubuh sebagai sumber energi), sedangkan serat akan memperlambat proses pencernaan dan pengeluaran insulin. Setelah makan sahur, jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.
Hindari kopi dan minuman bersoda
Usahakan untuk menghindari kopi dan minuman soda, karena didalamnya terkadung kaffein yang dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan yang nantinya akan mengakibatkan tubuh terserang dehidrasi atau kekurangan cairan.
Makan bertahap
Mulailah berbuka dengan minuman hangat dan manis. Jangan minum air dingin, minuman soda atau air es karena akan memperbanyak asam lambung sehingga pecernaan tidak berfungsi secara normal. Setelah itu, istirahatlah 1 jam sebelum menyantap hidangan “berat” agar lambung tidak bekerja terlalu berat.
Hindari gorengan dan makanan pedas
Gorengan akan menyebabkan sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Makanan pedas juga akan membuat perut Anda mulas dan mengalami gangguan pencernaan.
Tetap berolahraga
Menjalankan ibadah puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Justru aktifitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak cepat  lemas. Namun sebaiknya memilih olahraga ringan, seperti jogging atau jalan kaki. Sebaiknya Anda melakukan olahraga menjelang saat berbuka. Kenyataannya, tarawih merupakan aktifitas (olahraga) yang dapat menjaga kebugaran selama berpuasa.
Berpuasa menyehatkan, apalagi dengan asupan yang sehat. Selamat berpuasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar